Fakta : Tim Yang Sering Lolos Dari ''Grup Neraka'' Tidak Pernah Menjadi Juara

Banyak orang beranggapan bahwa tim yang lolos dari Grup Neraka alias grup yang tim didalamnya merupakan tim-tim tangguh adalah kandidat juara, tapi yang terjadi justru sebaliknya tim-tim tersebut terjungkal pada tahap sebelum final. Coba kita lihat beberapa fakta berikut ini bahwa tim-tim yang lolos dari grup maut tidak pernah menjadi juara ataupun sampai pada final.

1. Piala Eropa 2000 di Belanda dan Belgia.
Saat itu grup A merupakan grup maut dimana terdapat juara eropa bertahan Jerman, favorit juara lain Inggris, tim kuda hitam Portugal dan tim "underdog" Rumania. Tapi di luar dugaan Portugal dan Rumania-lah yang lolos. Saat babak perempat final Rumania tumbang oleh Italia sedangkan Portugal takluk di tangan Prancis pada babak semi final. Dan tim yang keluar sebagai juara adalah tim ayam jantan, Prancis setelah mengalahkan Italia di final.

2. Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang.
Pada piala dunia yang diselenggarakan pertama kali di Asia, grup F merupakan grup neraka karena terdiri atas favorit juara Argentina, Inggris dan 2 kuda hitam Swedia dan Nigeria. Tapi fakta berkata lain, Argentina dan Nigeria harus angkat kaki terlebih dahulu sedangkan Inggris dan Swedia melaju ke babak selanjutnya. Langkah kedua tim terhenti oleh lawan-lawannya, Swedia harus terhenti di perdelapan final oleh tim kejutan, Senegal sedangkan Inggris harus takluk di babak perempat final oleh Brazil yang keluar sebagai juara pada tahun itu setelah mengalahkan Jerman.

3. Piala Eropa 2004 di Portugal.
Grup yang merupakan grup maut adalah grup D yang terdiri atas Jerman, Belanda, Rep. Ceko dan Latvia. Di luar dugaan, Rep. Ceko mampu memimpin grup yang disusul oleh Belanda sedangkan Jerman dan Latvia harus mengemasi koper mereka terlebih dahulu. Tapi pada fase semi final, kedua tim ini harus takluk dimana Belanda dikalahkan Portugal sedangkan Rep. Ceko harus pulang oleh tim dewa-dewi, Yunani yang keluar sebagai juara baru piala eropa usai menundukkan tuan rumah Portugal di laga puncak.

4. Piala Dunia 2006 di Jerman.
Grup neraka pada piala dunia kali ini adalah grup C, dimana terdapat 2 favorit juara dunia yaitu Argentina dan Belanda dan terdapat 2 negara kuda hitam yaitu Pantai Gading dan Serbia Montenegro. Sesuai prediksi, Argentina dan Belanda yang lolos dari grup tersebut. Akan tetapi, Belanda harus tersingkir di babak 16 besar setelah takluk oleh Portugal sedangkan Argentina harus kalah adu penalti menghadapi tuan rumah Jerman di babak perdelapan final. Dan Italia menjadi juara setelah mengalahkan Prancis di final melalui adu penalti.

5. Piala Eropa 2008 di Austria dan Swiss
Grup C merupakan grup neraka, pasalnya pada grup ini berkumpul tim-tim yang difavoritkan sebagai juara eropa yaitu Belanda, Italia, Perancis dan “underdog” Rumania. Dengan sangat spektakuler, Belanda merajai grup ini dengan memenangi semua laga dan lolos sebagai juara grup sedangkan tim yang menemani Belanda adalah tim Azzurri, Italia yang keluar sebagai runner-up. Tapi keperkasaan Belanda hanya terjadi pada fase grup karena Tim Oranje dibekuk Tim Beruang Merah, Rusia pada babak 8 besar. Sedangkan Italia dikalahkan Spanyol melalui babak adu penalti. Spanyol berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Jerman di babak final.

6. Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan
Pada piala dunia yang baru pertama kali di benua Afrika ini, grup yang dibilang grup maut adalah grup G karena terdiri dari tim yang sudah 5 kali juara dunia yaitu Brazil, tim kuda hitam Portugal dan Pantai Gading serta tim lemah Korea Utara. Brazil berhasil lolos sebagai juara grup dan Portugal lolos sebagai peringkat kedua dari grup G. Akan tetapi langkah Brazil hanya sampai di babak perdelapan final karena harus takluk oleh Belanda, sedangkan Portugal dipulangkan oleh Spanyol. Spanyol berhasil meraih piala dunia pertama mereka setelah mengalahkan Belanda di laga final.

7. Piala Eropa 2012 di Polandia dan Ukraina
Pada piala eropa kali ini yang merupakan grup maut adalah grup B yang terdiri dari tim-tim unggulan yaitu Jerman, Belanda, Portugal dan Denmark. Dan yang lolos dari grup ini adalah Jerman dan Portugal. Tapi langkah kedua tim ini hanya sampai di semi final karena Portugal tersingkir dalam drama adu penalti oleh juara bertahan Spanyol sedangkan favorit juara Jerman harus tumbang oleh Italia. Spanyol melengkapi hattrick-nya setelah menghajar Italia di laga pamungkas.
Entah itu kebetulan atau tidak, tapi yang pasti tim-tim yang sering lolos dari grup maut langkahnya sering terhenti atau gagal menjadi juara. Akankah pada Piala Dunia 2014 di Brazil terdapat grup maut dan yang lolos dari grup tersebut bisa mematahkan mitos kegagalan menjadi juara tim-tim yang berasal dari grup maut? Kita lihat saja nantinya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar